images

Festival Olahraga Traditional (FOT) 2013

Festival Olahraga Traditional atau yang biasa disebut dengan FOT adalah kegiatan perlombaan yang diadakan oleh DISPORA Provinsi Jawa Timur. Kegiatan ini merupakan kegiatan olahraga tapi menggabungkan dengan seni tradisi. Bentuk kegiatannya adalah mendemonstrasikan sebuah olah raga traditional yang ada pada lingkungan sekitar Jawa Timur dengan memadupadankan seni traditionalnya. tampilan yang di tampilkan oleh peraga merupakan bentuk presentrasi olah raga traditional dengan diiringi oleh iringan musik tradisi dan di barengi dengan narasi yang dibawakan oleh narator. FOT ini merupakan kegiatan yang perdana di ikuti oleh Universitas Negeri maupun Swasta se-Jawa Timur.

dalam kesempatan perdana ini Brawijaya merupakan salah satu peserta yang berkonstribusi dalam ajang olahraga traditional dengan diwakili oleh teman-teman UNITANTRI UB. dengan peraga berjumlah 7 orang dan jumlah pemusik 7 orang dan narator 1 orang dengan dibantu Teampro 7 orang. dalam kegiatan ini Unitantri mengangkat tema olahraga traditional yang berjudul WETENGAN. Wetengan ini merupakan olaharaga traditional yang berasal dari Malang. berawal dari sebuah latihan para prajurit kerajaan Singosari, para prajurit sejenak beristirahat di tanah lapang tempat mereka latihan. sambil mengisi waktu istirahat, para prajurit bermain sebuah paeramainan dari Tombak. dari tombak tersebut permainan ini disebut dengan permainan Wetengan. olahraga yang diperagakan meliputi lemparlembing, rolling, lompat jauh dan angkat badan. dengan waktu yang singkat selama 2 minggu kontingen Unitantri ini setiap hari rutin mengadakan latihan demi menampilkan penampilan yang terbaik.

tepat pada tangggal 23 mei 2013 di lapangan Univesitas 17 Agustus Surabaya acara ini diselenggarakan yang diikuti oleh belasan peserta baik dari Universitas maupun dari Kabupaten/Kota. Universitas Brawijaya mendapatkan nomer urut tampil 8 yang tepat pukul 11 siang. Dan dalam penampilannya Unitantri UB berhasil menampilkan yang demonstrasi olah raga Wetengan dengan baik.

Unitantri UB perwakilan kontingen dari Universitas Brawijaya berhasil meraih Juara 3 Festival Olahraga Traditional Tingkat Jawa Timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *