Mukaddimah
UNITANTRI adalah Unit Kegiatan Mahasiswa yang menitik beratkan pada kegiatan karawitan dan tari yang berorientasi pada seni tradisional khususnya Jawa Timur. Dibentuk oleh Mahasiswa Universitas Brawijaya dan berdiri di dalam wadah Unit Kegiatan Mahasiswa di Universitas Brawijaya.
Keanekaragaman kesenian tradisional Indonesia khususnya yang tumbuh dan berkembang di Jawa Timur merupakan kekayaan bangsa Indonesia yang patut disyukuri sehingga perlu dilestarikan dan dikembangkan. Dengan didorong oleh semangat Tri Dharma Perguruan Tinggi dan rasa Kekeluargaan, Mahasiswa Universitas Brawijaya bersatu dalam suatu wadah yang menyelenggarakan kegiatan kemahasiswaan di bidang seni karawitan dan tari secara profesional guna melestarikan dan mengembangkan kesenian tradisional berdasarkan nilai-nilai Pancasila.

Sekilas
Unit Aktivitas Karawitan dan Tari Universitas Brawijaya merupakan wadah organisasi sebagai wahana untuk menampung dan mengembangkan sumber daya yang potensial di bidang seni karawitan dan tari di lingkungan civitas akademika Universitas Brawijaya.
Unit Aktivitas Karawitan dan Tari ( UNITANTRI ) dibentuk di Malang pada tanggal 12 Maret 1986. Dengan semangat Tri Dharma Perguruan Tinggi serta rasa kekeluargaan diantara mahasiswa untuk bersatu dalam bidang kesenian khususnya karawitan dan tari. Meskipun masih muda dibandingkan dengan UKM lain namun dalam dunia yang relatif muda ini UNITANTRI terus berusaha mengembangkan prestasi yang nantinya dapat mengangkat nama baik UNITANTRI dan Universitas Brawijaya Malang.
Alamat UNITANTRI :
Gedung UKM, Lantai 4, Kavling 2, Universitas Brawijaya Malang 651456
Telepon : (0341) 568913